MEDIA DAN FASHION

PERAN MEDIA TERHADAP FENOMENA TREND FASHION DI INDONESIA

  1. LATAR BELAKANG MASALAH
Peradaban manusia telah mengalami kemajuan sampai sekarang. Selama kemajuan itu, berkembang juga globalisasi. Globalisasi membawa pengaruh yang sangat besar yaitu fun, food and fashion.
Mode referensi untuk sesuatu yang tren saat ini dalam tampilan dan berdandan seseorang. Gaya yang berlaku dalam perilaku juga. Istilah yang lebih teknis, kostum, telah menjadi begitu terkait di mata publik dengan “mode” istilah yang istilah yang lebih umum “kostum”. Dengan adanya perkembangan fashion tersebut, setiap manusia terutama kaum hawa telah berusaha untuk tidak ketinggalan. Mulai dari anak-anak sampai dewasa sangat memperhatikan perkembangan fashion tersebut.
Hampir semua bangsa mempunyai andil dalam menciptakan trend fashion di masing-masing negaranya, di setiap negara biasanya memiliki tren tersendiri dan presepsi yang berbeda dalam berekspresi tentang fashion, sehingga fashion yang tercipta hampir tidak ada batasannya pada era ini.
Fashion dan media adalah dua kata mampu beriringan dengan bagi pada saat ini. Ini mungkin baru permulaan saja. Dengan transformasi teknologi yang cepat akan ada banyak trend fashion berkembang dan merubah banyak gaya hidup penikmatnya. Pengaruh media terhadap industri fashion memberikan adiksi tersendiri sebagai kesempatan untuk mendapatkan banyak saluran mengenai ragam busana dan gaya hidup modern.
Dalam sejarah belakangan ini kita mendengar berita tentang fashion yang ada di negara kita. Dunia fashion di Indonesia bisa dikatakan berkembang pesat beberapa dekade terakhir. Hal ini didukung dari berbagai sisi, baik desainer lokal yang semakin potensial, tingkat perekonomian yang membaik, sampai sektor retel yang berkembang pesat.
Perkembangan fashion, model busana, rancangan pakaian, gaya kostum dan lain-lain di Indonesia sudah sampai dititik yang mengesankan. Ini bisa dilihat dengan begitu maraknya yang menjual dan mengiklankan macam-macam gaya fashion. Tak ketinggalan juga di sepanjang jalan pun banyak sekali toko-toko yang memajang display gaya-gaya fashion yang begitu variatif.
Ini menunjukkan betapa masyarakat sekarang ini sudah sangat menyadari akan kebutuhan fashion yang lebih dari sekedar berpakaian, tapi juga bergaya dan trendi. Karena pakaian adalah salah satu mesin komunikasi (Umberto Eco, 1976) atau sarana komunikasi dalam masyarakat, maka masyarakat sadar atai tidak sadara bisa menilai kepibadian seseorang dari apa yang dipakainya. Menurut Desmond Morris, dalam Men watching: A field guide to human behavior (1977): “pakaian juga menampilkan peran sebagai pajangan budaya (cultural display)’, yang di dalamnya membawa suatu pesan dan gaya hidup suatu masyarakat atau komunitas tertentu atau lebih spesifiknya pakaian merupakan ekspresi identitas pribadi.
  • PERUMUSAN MASALAH
Majunya teknologi dan arus informasi membuat masyarakat Indonesia lebih terbuka pada pengetahuan global. Tidak bisa dipungkiri lagi trend mode di Indonesia banyak dipengaruhi oleh budaya barat. Namun hal ini tidak membuat desainer-desainer Indonesia berkecil hati karena mereka di dukung oleh pers, stylist, retailer, marchandiser, dan fotografer, dimana semuanya bersinergi menyampaikan informasi sesuai bidangnya masing-masing. Walaupun gaya barat mendominasi, namun ada kalanya kerjasama mereka kembali memunculkan gaya khas Indonesia kembali ke permukaan. Informasi yang seimbang antara gaya barat dan lokal membuat konsumen Indonesia cerdas dalam memilih mana yang disukainya dan yang cocok baginya.
Menurut Ellen, jenis fahion yang paling cepat perkembangannya adalah baju, karena baju lebih cepat pergantian modelnya dan baju merupakan item yang paling banyak dibeli oleh masyarakat di bandingkan dengan produk lainnya. Peringkat selanjutnya diikuti oleh tas, dan sepatu. Setiap orang tentunya memiliki pilihan baju lebih banyak di bandingkan tas dan sepatu.
                                            BAB II
  • PEMBAHASAN
Globalisasi adalah keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit. Globalisasi adalah suatu proses di mana antar individu, antar kelompok, dan antar negara saling berinteraksi, bergantung, terkait, dan memengaruhi satu sama lain yang melintasi batas negara. Dalam banyak hal, globalisasi mempunyai banyak karakteristik yang sama dengan internasionalisasi sehingga kedua istilah ini sering dipertukarkan. Sebagian pihak sering menggunakan istilah globalisasi yang dikaitkan dengan berkurangnya peran negara atau batas-batas negara.
Fashion berasal dari kata bahasa inggris yang berarti mode, cara, gaya, model dan kebiasaan. Fashion adalah istilah umum untuk gaya populer atau praktek, khususnya di pakaian, alas kaki, aksesoris, make up, body piercing, atau furnitur. Fashion adalah setiap mode pakaian atau perhiasan yang populer selama waktu tertentu atau pada tempat tertentu. Istilah fashion sering digunakan dalam arti positif, sebagai sinonim untuk glamour, keindahan dan gaya atau style yang terus mengalamai perubahan dari satu periode ke periode berikutnya, dari generasi ke generasi. Juga berfungsi sebagai refleksi dari status sosial dan ekonomi, fungsi yang menjelaskan popularitas banyak gaya sepanjang sejarah kostum. Fashion atau mode semakin menjadi industri yang menguntungkan di dunia internasional sebagai akibat dari munculnya rumah-rumah mode terkenal di dunia dan majalah fashion.
Pengertian fashion secara umum adalah suatu sistem penanda dari perubahan budaya menurut suatu kelompok atau adat tertentu. Bisa juga sebagai strata pembagian kelas, status, pekerjaan dan kebutuhan untuk menyeragamkan suatu pakaian yang sedang merek.
Mode mengacu pada trend khas dan sering menjadi kebiasaan dalam gaya dengan mana seseorang gaun, serta gaya yang berlaku dalam perilaku. Mode juga mengacu pada kreasi terbaru dari desainer tekstil. Istilah yang lebih teknis, kostum, telah menjadi begitu terkait dengan istilah “mode” bahwa penggunaan mantan telah diturunkan ke indera khusus seperti pakaian mewah atau menyamar pakai, sementara “mode” berarti pakaian pada umumnya dan penelitian itu.
Trend fashion memiliki sejumlah pilihan yang tersedia dalam pemilihan pakaian mereka. Apa seseorang memilih untuk memakai dapat mencerminkan kepribadian atau kepentingan orang itu. Ketika orang-orang yang memiliki status budaya mulai mengenakan pakaian baru atau berbeda, trend fashion mungkin mulai. Orang-orang yang menyukai atau menghormati mereka menjadi dipengaruhi oleh gaya pribadi mereka, dan mulai memakai pakaian gaya yang serupa. Fashion dapat bervariasi dalam suatu masyarakat menurut umur, kelas sosial, generasi, pekerjaan, dan geografi serta dari waktu ke waktu.
Setiap saat dunia fashion berubah style dan menjadi trend fashion untuk beberapa waktu. Perkembangan dunia fashion melalui trend fashion ini selalu berubah-ubah mengikuti perkembangan mode. Munculnya beberapa kota yang dianggap sebagai pusat fashion dunia adalah New YorkMilanParis, dan London membuat arus trend fashion semakin berkembang. Keempat ibukota fashion utama saat ini diakui menjadi New York, Milan, Paris, dan London, yang semuanya kantor pusat untuk perusahaan mode terbesar dan terkenal untuk pengaruh besar mereka pada mode global. Keempat kota tersebut saat ini sudah menjadi kiblat fashion di dunia. Banyak acara yang berhubungan dengan fashion yang diselenggarakan di kota-kota tersebut, seperti acara tahunan pergaan busana atau yang biasa kita kenal fashion show yaitu New York Fashion Week, Milan Fashion Week, Paris Fashion Week, serta London Fashion Week. Mode minggu diadakan di kota-kota, di mana desainer memamerkan koleksi pakaian baru mereka kepada khalayak.
Saat ini Indonesia juga tidak mau kalah oleh acara tahunan di keempat kota tersebut, hingga Indonesia juga mempunyai acara yang diselenggarakan setiap satu tahun sekali yaitu Indonesia Fashion Week. Dalam pagelaran busana Indonesia Fashion Week ini dan Jakarta Fashion Week, diramaiakan oleh para desainer Indonesia yang memamerkan hasil karyanya yang elegan seperti songket, batik dan kebaya sehingga tidak kalah hebatnya dengan para desainer dari luar negeri. Dengan disentuh nuansa tradisional ini juga memiliki standar yang internasional. Dengan dua acara fashion show tahunan yang diselenggarakan di Indonesia ini, membuat dunia untuk melihat bahwa Indonesia layak menjadi negara yang akan dapat menjadi kiblat fashion di Asia.
Tentu saja tidak mudah bagi para designer indonesia untuk memperkenalkan batik dan kebaya ke mata dunia dan sampai tercatat di UNESCO. Batik sebagai warisan budaya dunia. Ini merupakan apresiasi yang sangat luar biasa bagi dunia fashion tanah air dan semakin memotivikasikan untuk para designer muda indoneia untuk berkarya lebih baik dan menciptakan karya design baju yang bisa berpengaruh terhadap perkembangan fashion di Indonesia dan fashion indonesia bisa menjadi trendsetter dunia.
Coba kita perhatikan hampir setiap tahun kita mengalami perubahan trend fashion. Mulai dari busana, aksesoris, style atau gaya berbusana, sampai mode rambut. Semuanya tidak luput dari adanya trend fashion. Seakan-akan semua yang kita kenakan harus berkiblat pada trend fashion yang sedang berkembang saat ini. Trend fashion menjadi salah satu acuan dalam hal berbusana, baik untuk busana formal maupun non formal.
Fashion yang dipilih seseorang bisa menunjukkan bagaimana seseorang tersebut memilih gaya hidup yang dilakukan. Seseorang yang sangat fashionable, secara tidak langsung mengkonstruksi dirinya sebagai seseorang dengan gaya hidup modern dan selalu mengikuti tren yang ada. Hal ini menunjukkan bahwa dalam dunia modern, gaya hidup membantu menentukan sikap dan nilai-nilai serta menunjukkan status sosial. Selain itu, gaya dapat berubah dengan cepat. Mode yang dikenakan oleh seseorang mampu mecerminkan siapa si pengguna tersebut. Memakai pakaian yang mengikuti trend terkini, bagi sebagian orang adalah hal yang cukup penting untuk meningkatkan rasa percaya diri.
Terkadang jika kita berpikir kembali, apakah sepenting itukah trend fashion dalam mempengaruhi gaya berbusana seseorang? Apakah mengikuti trend fashion itu merupakan sebuah keharusan?
Sehingga orang-orang berlomba mengikuti trend fashion yang sedang berkembang dewasa ini. Sebenarnya tidak ada batasan yang mengharuskan kita selalu mengikuti trend fashion. Semuanya kembali pada individu masing-masing apakah mau mengikuti trend fashion tersebut atau tidak. Padahal bila kita mau mencermati lagi, menggunakan trend fashion terbaru terkadang memaksa seseorang untuk bersikap konsumtif karena pasti mengenakan trend fashion yang baru. Itu berarti harus mengganti trend fashion yang sudah ada sebelumnya, dan itu tidak membutuhkan dana yang sedikit.
Bagi kaum remaja memang fashion cukup di  utamakan. Oleh karena itu umumnya para remaja selalu mengikuti trend terbaru. Selain untuk penampilan, fashion remaja terbaru yang mengikuti perkembangan zaman memang salah satu strategi bagi kaum remaja agar selalu terlihat fresh dan juga menghilangkan kesan norak atau ketinggalan zaman.
Remaja memang suka tampil aneh-aneh, hal ini sering dilontarkan ketika mengamati penampilan mereka di beberapa tempat umum. Yang tak lazim dapat dicermati dari cara busana dan performance fisik mereka. yang berkomentar ini adalah cara remaja mencari perhatian untuk menunjukkan siapa dirinya. Namun tak jarang juga yang cukup maklum dengan keadaan ini.
Tampilan busana remaja sangat bergantung dari model baju terbarufashion remaja terbaru yang sedang trendTrend ini tentu saja dibawa oleh para idola remaja yang bisa saja memberi inspirasi mereka dari segi penampilan.
Dan rasanya, banyak remaja yang merasa kurang gaul kalau tidak mengikuti trend busana itu. Sesungguhnya boleh-boleh saja berbusana modis mengikuti tren mutakhir. Tapi, remaja harus mempertimbangkan juga norma-norma yang berlaku di sekitarnya.
Trend fashion juga dengan sendirinya akan memperlihatkan perbedaan yang mencolok antara mereka yang mampu mengikutinya atau tidak. Namun, ironisnya meskipun tidak memandang kelas, trend fashion tetap menjadi panutan bagi sebagian wanita. Khususnya di Indonesia.
Trend fashion masa yang kini sedang berkembang, khususnya di Indonesia adalah trend fashion yang menyadur konsep korea, jepang dan timur tengah. Entah dari mana trend fashion ini bermula dan berkembang menjadi trend fashion orang-orang Indonesia, terutama kaum wanita. Meskipun kita memiliki kesamaan struktur budaya Asia, tetap saja itu merupakan identitas negara lain. Namun, itulah yang terjadi di Indonesia yang dengan begitu mudahnya mengikuti trend fashion ala tetangga.
Media memainkan peran yang sangat penting ketika datang ke fashion. Misalnya, bagian penting dari fashion adalah jurnalisme mode. Editorial kritik, pedoman dan komentar dapat ditemukan di majalah, koran, di televisi, website fashion, jaringan sosial dan blog fashion.
Lalu dari mana sebenarnya trend fashion ini bisa berkembang luas di Indonesia dan diketahui oleh seluruh masyarakat di Indonesia? Trend fashion tidak mungkin dikenal jika tidak ada pemicunya. Berikut ini penyebab trend fashion di Indonesia berkembang.
  1. Dunia Entertainment
Dunia entertainment tentu saja menjadi faktor yang sangat besar dalam penyebarluasan trend fashion di tengah masyarakat. Para selebritis yang selalu muncul di berbagai media dan menjadi idola selalu berganti mode busana mengikuti trend fashion. Hal ini bisa menjadi penyebab masyarakat untuk mengikutinya. Sudah menjadi hukum alam jika sang idola mengikuti trend fashion tertentu dan pasti akan diikuti oleh penggemar mereka.
  1. Dunia Bisnis
Dunia bisnis juga merupakan faktor berkembangnya trend fashion di Indonesia. Mengingat banyaknya permintaan di pasar terkait dengan trend fashion yang sedang berkembang. Demi mendapatkan keuntungan, para penjual berlomba memanfaatkan trend fashion untuk menarik para pembeli. Dengan menambahkan imajinasi mereka dalam merancang busana, trend fashion akan dengan mudah berkembang luas. Ibarat bola salju, langkah ini lantas diikuti oleh penjual busana yang lainnya.
Selain itu daya konsumtif masyarakat yang tinggi juga serta membuat trend fashion ini selalu berekembang, agar masyarakat selalu lebih konsumtif lagi untuk berbelanja. Hal ini tentu saja membuat para pengusaha merasa untung adanya dampak dari trend fashion ini.
  1. Dunia musik
Dunia musik juga menjadi faktor berkembangnya trend fashion. Saat ini dalam musik kita sedang mengalami wabah boyband dan girlband. Boyband dan girlband ini mengikuti trend fashion yang berkiblat pada Korea dan Jepang. Sehingga mau tidak mau para penggemarnya juga mengikuti trend fashion idola mereka. Saat ini banyak kita temuimodel busana yang menyerupai style-nya orang korea dan Jepang. Hal itu akibat munculnya boyband dan girlband di blantika musik Indonesia.
  1. Media Massa
Kita tidak memungkiri dampak dari media massa terhadap masyarakat, termasuk trend fashion. Media massa baik cetak maupun elektronik selalu menyajikan informasi termasuk informasi seputar dunia fashion. Melalui kedua media ini, trend fashion seakan disosialisasikan kepada masyarakat seolaolah itulah trend fashion yang harus diikuti.
Kebiasaan remaja mencerna informasi lewat media massa tanpa difilterisasi berdampak pada pola perilakunya. Lingkungan sosial remaja pun sangat berperan dalam perilaku mereka terhadap pembentukan remaja yang gaul.
Media itu sendiri dapat berupa media cetak seperti Koran, majalah, tabloid, dll, dan media elektronik seperti, televise, radio, internet, dll. Kehadiran televisi merupakan tanda dari perubahan peradaban dari suatu ujung garis kontinuum budaya ke ujung garis kontinuum yang lain (Abdullah, 2006). Televisi telah banyak mempengaruhi ruang-ruang social masyarakat dan tentunya membawa efek yang sangat bervariasi sifatnya dalam kebudayaan. Terlihat bahwa televisi lama- kelamaan telah menjadi pusat titik intraksi dan pembentukan nilai. Tidak diragukan lagi televisi merupakan aktivitas waktu luang paling populer di dunia.
Masyarakat sudah tentu melihat trend fashion yang ditampilkan dalam setiap acara televise atau yang bisa kita kenal tv. Dengan adanya iklan atau acara televisi secara tidak langsung juga mempengaruhi perkembangan trend fashion di Indonesia. Apalagi sekarang adanya tv berlangganan yang menghadirkan beberapa chanel atau saluran televisi yang menayangkan acara-acara yang berhubungan dengan fashion seperti Fashion TV. Fashion TV adalah pelopor dalam usaha fashion dan telah berkembang menjadi pemimpin di kedua Mode Televisi dan Saluran New Media dibandingkan dengan Majalah Mode lainnya. Fashion TV selalu memberikan segala informasi yang berhubungan dengan fashion dan menyajikan perkembangan trend fashion terbaru dari berbagai penjuru dunia. Hampir setiap hari saluran tv tersebut menayangkan acara fashion show yang diselenggarakan dari beberapa penjuru dunia. Selain itu, terdapat juga tips-tips cara berapakain yang modis dan sesuai bentuk tubuh.
Selain Fashion TV, terdapat juga acara-acara yang menyajikan informasi fashion terbaru baik acara untuk dewasa, remaja, bahkan berita yang hampir setiap hari ditayangkan di seluruh stasiun televisi Indonesia.
Selain itu dunia fashion juga berkembang karena adanya faktor pendukung dari dunia media massa yang luas dan semakin hari semakin berkembang dan variatif. Maraknya majalah fashion juga selalu menyajikan fashion yang up to date dan membuat para pecinta fashion mengikuti trend yang disajikan oleh majalah tersebut. Majalah fashion memang menjadi alat media massa yang ampuh untuk menarik para pecinta dan pengikut trend fashion karena majalah fashion menyajikan gambar yang dapat menarik para pembacanya.
  1. Media Internet
Internet sebagai media sosial tercanggih saat ini merupakan raja dari segala informasi. Informasi tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi suatu masyarakat. Dengan wawasan baru dan pengetahuan terbaru masyarakat akan semakin berfikir maju dan kreatif dalam menjalankan aktivitas kesehariannya.
Di era globalisasi ini internet sangat mudah di akses dimana saja. Saat in orang dapat mengakses internet melalui laptop, komputer, handphone atau yang biasa kita kenal HP serta melalui gadget-gadget yang semakin hari semakin canggih. Dengan kemudahan-kemudahan yang kita dapatkan saat mengakses internet ini membuat seseorang lebih cenderung banyak memanfaatkan situs-situs di internet untuk mengakses segala informasi yang berkaitan dengan fashion khususnya perekembangan trend fashion yang semakin hari semakin up to date dan semakin fresh. Selain dengan kemudahan yang kita dapat melaui internet, kita juga dapat mengakses internet pada waktu kapanpun. Informasi yang beredar di internet biasanya lebih cepat dibandingkan dengan media cetak, hal ini juga yang membuat masyarakat lebih memilih internet daripada media cetak.
Tanpa disadari internet juga menjadi faktor penentu penyebarluasan trend fashion. Sebut saja media jejaring sosial yang saat ini melanda seluruh dunia. Tentu saja informasi mengenai trend fashion terbaru akan cepat meyebarluas di masyarakat. Penyedia busana secara onlinepun ikut memberikan peran dengan menyediakan berbagai busana yang mengikuti trend fashioni. Sehingga mau tidak mau masyarakat akan mengikuti trend fashion yang ada. Artinya para pengguna internet mendapatkan kesempatan akses virtual untuk mengetahui update, acara, ataupun tren-tren terbaru menggunakan peralatan digital secara langsung. Pengaruh media tidak hanya memberikan kesempatan para penggunanya mendapatkan trend teranyar pada beragam situs dan mendapatkan banyak inspirasi, tetapi dapat pula berbagi penampilan mereka secara online dan mendapatkan respon langsung dari komunitas fashion itu sendiri. Secara efektif, teknologi telah mempengaruhi cara Anda berpakaian.
Dalam beberapa tahun terakhir, fashion blogging dan YouTube video telah menjadi outlet utama untuk menyebarkan trend dan tips fashion. Melalui media-media, pembaca dan pemirsa di seluruh dunia dapat belajar tentang fashion, yang membuatnya sangat mudah.
Fashion blogging saat ini menjadi trend tersendiri untuk menarik perhatian pecinta fashion melalui dunia maya. Yang membuat maraknya fashion blogging ini juga berasal dari mudahnya fashion blogger mengakses dan membuat blog secara gratis. Fashion blogging saat ini juga sangat digemari karena setiap orang dapat mengakses blog secara cuma-cuma dan mudah. Blog yang disajikan itu dapat di kreasikan dan di desain sekreatif mungkin oleh pemilik akun blog, sehingga dapat menarik para pembacanya.
Sebenarnya fashion blogger bukanlah fenomena yang baru di dunia ini, bahkan fashion blogger saat ini sudah dianggap sama seperti jurnalis media Fashion, dan sering mendapatkan kesempatan melihat fashion show secara gratis, satu yang sama, mereka semua bermula dari “keisengan” tapi berbuah kesuksesan. sungguh  menginspirasi, maka dari itu dengan azas keinginan mendapatkan baju gratisan saya akan memasuki dunia fashion blogger mulai detik ini juga
Kehadiran fashion blogger pun kini menjadi inspirasi baru bagi para pecinta mode. Bermulai dari hobi, eksistensi mereka menjadikan fashion blogger sebagai ikon baru dunia fashion. Kehadiran fashion blogger membawa warna tersendiri bagi penggemar mode di dunia maya. Fashion memang merupakan alat bagi para pecintanya untuk mengekspresikan diri melalui pakaian. Berawal dari ketertarikan memadu padankan pakaian, para fashion blogger menuangkannya dalam sebuah blog. Sejak itulah fenomena fashion blogger semakin berkembang. Berani bereksperimen, namun tetap mempertahankan konsistensi gaya berpakaian, membuat para fashion blog disukai banyak orang. Gaya berbusana fashion blogger kini menjadi panutan anak-anak muda yang  yang ingin tampil beda. Kehadiran mereka pun menjadi ikon baru dunia fashion.
Dari penyebab trend fashion yang berkembang di Indonesia yang sudah dijelaskan di atas, terlihat sekali bahwa faktor yang dominan menjadi penyebab perkembanganya trend fashion di Indonesia adalah dunia media massa dan media internet. Meskipun televisi dan internet meningkatkan cakupan, termasuk blog fashion, liputan pers tetap bentuk yang paling penting publisitas di mata industri fashion. Hal ini akibat dari arus globalisasi yang membuat peran pers sangat berpengaruh sekali terhadap perkembangan dan kemajuan dalam berbagai bidang yang salah satunya adalah perkembangan fashion.
Dengan menggunakan media sebagai suatu alat yang dapat memberikan informasi akan apa yang sedang menjadi trend dan termasuk mempengaruhi masyarakat untuk dapat mengikuti tren fashion terbaru.
Dengan adanya media, masyarakat menyamakan cara berpakaian mereka seperti apa yang dikenakan idolanya masing-masing. Hal ini terbukti bahwa apa saja sekarang menjadi pusat perhatian di media-media dan dijadikan acuan oleh masyarakat. Walaupun tidak semuanya terpengaruh namun sebagian besar mereka masuk ke dalam area kapitalis.
Komoditas ini tercipta karena adanya peran media yang mempengaruhi masyarakat sebagai konsumen untuk mengikuti tren yang dibangun oleh merk-merk pakaian ternama di dunia. Kerjasama yang bagus membuat banyak masyarakat yang mengikuti tren pakaian saat ini. Jelas fenomena ini menjadi komoditas di era modern seperti sekarang ini dan ditambah juga peran media yang ikut menyebarkan kapitalis. Saat ini pun banyak kita temui media yang mengkhususkan membahas perkembangan fashion dan lifestyle.
Produk nyata media sebagai pengaruh mudah sekali didapatkan, dari media cetak sampai media elektronik. Apalagi sekarang ditunjang dengan kemudahan teknologi dengan jaringan internet, masyarakat tidak harus mengeluarkan uang untuk mengetahui perkembangan tren berpakaian dunia. Mereka cukup mengakses situs yang ada di internet.
Kapitalisme ini bukan hanya menguntungkan produsen pakaian namun media pun ikut diuntungkan karena adanya peningkatan pemasukan dari banyaknya masyarakat yang membeli media mereka untuk sekedar mengetahui bahkan membutuhkan informasi mengenai fashion terbaru. Media sebagai alat yang dijadikan masyarakat untuk memperoleh informasi di satu sisi menyebarkan pesan kritis dan kebebasan namun dalam hal lain dengan media, masyarakat menjadi semakin konsumtif karena apa yang diberitakan media saat ini, masyarakat membutuhkan media dan masyarakat mengikuti apa yang menjadi bahan informasi atau fashion yang diberitakan di media.
Perubahan dalam fashion tidak selalu mengenai kebaruan, kadang gaya lama atau fashion yang pernah popular dulu bisa saja muncul lagi dan di terima. Pada sebuah artikel dijelaskan bahwa trend fashion memang selalu berkembang, perkembangannya itu didasari oleh beragam faktor, salah satunya adalah karena terinspirasi gaya fashion pada masa sebelumnya. Pada tahun 2000-an ini yang banyak dijadikan inspirasi para perancang busana adalah trend fashion tahun 1980-an. Rata-rata trend fashion yang berkembang di era tahun 1980-an di update kembali pada tahun 2010-an dengan variasi yang lebih, sehingga dapat dipadukan oleh trend fashion yang berkembang saat ini dan tidak terkesan sangat old school.
Trend fashion memang menjadi salah satu gejala sosial yang tampak sangat jelas di tengah-tengah masyarakat kita saat ini. Trend fashion yang begitu mudahnya masuk dan ditiru oleh masyarakat Indonesia, seolah-olah menunjukkan kita tidak memiliki trend fashion sendiri.
Padahal jika kita merujuk lebih jauh lagi, mengapa tidak kita yang menciptakan trend fashion sendiri, mengingat potensi yang dimiliki Indonesia tidak jauh dari negara tetangga. Seakan-akan kita tidak memiliki ciri khas dalam berbusana.
Trend fashion bukan barang lagi, tetapi bukan berarti kita selalu mengikuti trend fashion yang ada. Terutama jika tidak sesuai dengan karakter kita. Alangkah lebih bijaksana jika menggunakan trend fashion yang benar-benar sesuai dengan karakter dan kepribadian kita sehingga tidak dipandang sebagai korban mode.
Dan sekarang, perkembangan dunia fashion yang disebut mode ini telah mengalami jaman revolusi yang pesat di Indonesia. Dengan adanya perkembangan tersebut telah membuat banyak orang mendirikan departement store. Gaya-gaya dan style fashionpun menjadi syarat-syarat penting untuk para wanita yang juga  sebagian besar adalah pelajar. Perubahan-perubahan yang terjadi ini menghasilkan dampak baik positif maupun negatif.
Salah satu dampak positif dari fashion adalah kita dapat selalu terlihat manis dan chic dengan pakaian dan aksesoris yang pas kita kenakan. Tetapi dampak negatif perkembangan fashion ini adalah kita melupakan pakaian tradisional kita seperti kebaya dan memilih menjadi pengikut fashion barat.
Para pengamat fashion telah menemukan indikasi adanya dampak yang terbesar dari perkembangan fashion ini di Indonesia. Dampak negatif ini adalah para kaum wanita di Indonesia mulai melupakan pakaian tradisonal dan produksi pakaian dari dalam negeri juga menyebabkan perubahan budaya timur menjadi seperti budaya barat. Namun, masalah trend fashion masih diperdebatkan oleh beberapa pihak yang menganggap trend fashion adalah hal yang sangat penting bagi para wanita yang umumnya masih remaja ini.
Perkembangan Dunia Fashion ini mengakibatkan berbagai dampak baik positif maupun negatif. Tanpa adanya perkembangan trend fashion, tidak ada pandangan bagi kaum pecinta fashion, karena trend fashion di Indonesia yang kurang berkembang sedangkan seseorang pecinta fashion sangat ingin tampil sempurna dengan fashion yang up to date. Namun, perkembangan trend fashion ini telah membuat sebagian pecinta fashion Indonesia meninggalkan fashion dari Indonesia sendiri. Perkembangan Dunia Fashion di Indonesia ini menjadi perdebatan beberapa pihak sampai saat ini.
BAB III
PENUTUP
  1. KESIMPULAN
Perkembangan trend fashion di Indonesia terjadi dengan sangat pesat karena adanya globalisasi dan media masa yang menunjang. Hal ini ditanggapi dengan positif oleh sebagian besar kaum hawa di Indonesia karena mereka beranggapan bahwa Fashion atau “Style” adalah segalanya. Keadaan seperti ini sangat menjadi peluang yang besar bagi para pebisnis Fashion dari luar yang kemudian membentuk Departement Store dengan koleksi yang sangat menarik dan terlihat indah.
Di masyarakat dapat disaksikan bahwa media telah menciptakan sebuah budaya kontemporer bagi masyarakat dalam interaksi sosial. Fenomena media menjadi kebutuhan masyarakat yang tak dapat dihindari. Informasinya-pun menjadi perbincangan berbagai kalangan dalam masyarakat. Menurut Marshal McLuhan melihat perubahan-perubahan besar dalam peradaban manusia ditentukan oleh media. Tak heran McLuhan melahirkan technological determinisme theory untuk menggambarkan keperkasaan media ditengah-tengah masyarakat.
Trend fashion tidak mungkin muncul begitu saja jika tanpa ada penyebab atau faktor yang kuat. Indonesia dikenal sebagai negara dengan tingkat daya beli yang tinggi di Asia. Penduduknya yang banyak seakan ikut mendukung maraknya trend fashion yang berkembang di Indonesia.
Industri budaya telah menjadi faktor ekonomis dan politis yang krusial pada masa kapitalisme akhir, yang mengalihkan perhatian orang dari masalah yang sebenarnya mereka alami, menawarkan solusi palsu yang diproyeksikan ke dalam kehidupan karakter fiktif dan terkodekan ke dalam harmoni manis music (Agger, 2003). Tren fashion mengalihkan perhatian masyarakat dari masalah yang mereka alami yaitu masyarakat dijadikan korban dari teknologi dan kapitalisme. Masyarakat seperti terbuai oleh merk atau brand ternama dunia dan menyebabkan meningkatnya perilaku konsumtif masyarakat itu sendiri. Dengan seperti ini, media pun memperoleh banyak keuntungan karena semakin banyaknya masyarakat yang terbuai akan fashion yang menjadi kebutuhan.
Trend fashion tidak harus diikuti karena kita juga harus menyadari apakah trend fashion tertentu sesuai untuk kita atau tidak. Saat ini benyak yang terkesan memaksakan mengikuti tren fashion tanpa memperhatikan kesesuaian dengan bentuk tubuh atau kepribadian hanya karena tidak ingin dipandang ketinggalan mode.
Perkembangan Dunia Fashion barat di Indonesia memberi pengaruh positif tentang mode di Indonesia walaupun ada juga negatifnya. Tetapi semua itu bisa saja diatasi asalkan kita dapat menyeleksi akan semua Fashion barat yang masuk ke Indonesia, dengan pertimbangan apakah ini cocok untuk digunakan, dan dimana harusnya digunakan.
  1. SARAN
Trend fashion memang perlu kita ikuti,tetapi sebaiknya kita harus bijaksana ketika memutuskan mengikuti trend fashion yang mana. Kita juga harus memperhatikan apakah trend fashion yang akan diikuti itu cocok untuk kita atau tidak. Selektif dalam memilih style atau trend fashion baru yang masuk ke negara Indonesia yang tercinta ini juga sangat penting sehingga tidak semua kita ikuti dan menjadi acuan berbusana karena tidak seluruh budaya asing khususnya trend fashion itu sesuai dengan karakter dan pribadi bangsa Indonesia.
Agar berbusana kita sesuai karakter dan pribadi kita, sebaiknya dibuat acuan-acuan dalam berbusana yaitu:
  1. Pilihlah busana yang sopan, serta sesuai dengan adat dan agama karena masih banyak busana yang modis dan ngetrend tetapi sopan.
  2. Trend fashion yang berkembang melalu media massa, internet dan lainnya lebih baik di seleksi terlebih dahulu mana yang sesuai dan mana yang tidak sesuai dengan kita.
  3. Pakailah busana yang sesuai karakter kita dan selera kita, karena busana yang kita kenakan itu melambangkan karakter dan kepriadian kita.
  4. Jangan terlalu memaksakan busana yang kita kenakan dengan trend fashion yang  sedang berekembang, karena jika terlalu dipakasan tanpa melihat kondisi dan situasi akan terlihat menjadi aneh.
  5.  Mix and match-lah busana lama yang sudah jarang kita pakai atau busana ibu kita sewaktu masih muda agar terlihat unik dan beda. Jadi berpakaian mengikuti trend fashion tidak harus membeli busana yang baru.
Pengawasan orangtua juga sangat diperlukan agar anak mereka tidak terjerumus oleh trend fashion yang salah sehingga dapat mengikuti trend fashion yang sesuai dengan norma yang ada dan sesuai dengan budaya yang berkembang di Indonesia.
sumber : sulisfashion21.wordpress.com

Komentar

Postingan Populer